Deprecated: Required parameter $output follows optional parameter $depth in /home/pkaykstj/andiandaria.trinita.ac.id/wp-content/themes/jannah/framework/classes/class-tielabs-mega-menu.php on line 451
SISTEM KOMPUTER – Charissa
Universitas Trinita

SISTEM KOMPUTER

Rumpun Ilmu Komputasi

Keberadaan teknologi komputasi (computing) telah secara dramatis mempengaruhi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penerapan teknologi ini telah merambah ke berbagai sektor yang ada. Sektor pendidikan, kesehatan, sosial, pemerintahan, ekonomi, bisnis dan industri telah memanfaatkan kemajuan teknologi komputasi untuk berbagai kebutuhannya. Saat ini, kebutuhan masyarakat terhadap teknologi ini semakin hari semakin besar. Kebutuhan terhadap berbagai jenis perangkat seperti: personal computer (desktop, laptop, smartphone), aplikasi komputer, dan internet meningkat dengan drastis. Selain kebutuhan yang bersifat personal, pemanfaatan teknologi ini di dunia bisnis dan industri juga sangat besar. Berbagai jenis bisnis dan industri mulai dari skala kecil hingga skala besar telah memanfaatkan keberadaan teknologi ini. Dengan berbagai jenis penerapan dan sejumlah manfaatnya disertai dengan kebutuhannya yang sangat besar telah membuka peluang selebar-lebarnya bagi mereka yang ingin berkarir di bidang komputasi.

CCCC2005

Sebelum memilih untuk meniti karir di bidang komputasi, ada baiknya mengenal lebih jauh tentang rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi apa saja yang mendukung perkembangan dan pengembangan bidang keilmuan ini. Menurut Computing Curricula (CC2005) yang diterbitkan oleh The Joint Task Force for Computing Curricula yang terdiri dari: Association for Computing Machinery (ACM)Association for Information Systems (AIS), dan Institute of Electrical and Electronics Engineers – Computer Society (IEEE-CS), rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi komputasi terbagi lima bidang keilmuan, yaitu Computer Engineering (CE): Teknik Komputer/Sistem Komputer/Teknik Informatika, Computer Science (CS): Ilmu Komputer/Informatika, Software Engineering (SE): Rekayasa Perangkat Lunak, Information Systems (IS): Sistem Informasi, dan Information Technology (IT): Teknologi Informasi.

Setiap bidang keilmuan memiliki perbedaan dan konsentrasinya masing-masing. Perbedaan antara satu bidang keilmuan dengan bidang lainnya serumpun dapat dilihat pada diagram disamping ini. Berdasarkan diagram tersebut dapat dilihat bahwa CC2005 membagi 5 (lima) lapisan fokus keilmuan komputasi, meliputi: (1) arsitektur dan perangkat keras komputer; (2) sistem infrastruktur; (3) teknologi dan rekayasa perangkat lunak; (4) teknologi aplikasi; dan (5) sistem informasi dan manajemen organisasi. CC2005 juga menetapkan dua arah metode pengembangan yaitu (a) pengembangan teoritis, yang mencakup teori, prinsip-prinsip dan inovasi; (b) pengembangan aplikatif yang mencakup pengembangan aplikasi, implementasi dan konfigurasi.

Perbedaan kelima bidang keilmuan tersebut adalah pada domain bidang keilmuan dan fokus pengembangannya. Perbedaan antara setiap domain bidang keilmuan tersebut berdasarkan fokus keilmuan dan pengembangannnya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Computer Engineering (CE): Teknik Komputer/Sistem Komputer/Teknik Informatika
    Teknik Komputer berfokus pada arsitektur dan perangkat keras komputer serta sistem infrastruktur dengan sebahagian lainnya berfokus pada pengembangan teknologi dan rekayasa perangkat lunak serta teknologi aplikasi sebagai bagian dari pengembangan sistem komputer dan/atau sistem berbasis komputer. Sementara fokus pengembangan keilmuan memiliki dua arah yang seimbang antara pengembangan teoritis dan aplikatif.
  • Computer Science (CS): Ilmu Komputer/Informatika
    Ilmu Komputer berfokus pada sistem infrastruktur, rekayasa perangkat lunak dan teknologi aplikasi. Sementara fokus pengembangan keilmuan bersifat teoritis yang seluruhnya mencakup teori, prinsip-prinsip dan inovasi.
  • Software Engineering (SE): Rekayasa Perangkat Lunak
    Domain keilmuan Rekayasa Perangkat Lunak hampir sama dengan keilmuan ilmu komputer yaitu berfokus pada sistem infrastruktur, rekayasa perangkat lunak dan teknologi aplikasi. Namun, fokus pengembangan keilmuannya bersifat lebih cenderung bersifat aplikatif daripada teoritis.
  • Information Technology (IT): Teknologi Informasi
    Domain keilmuan Teknologi Informasi berfokus pada sistem informasi dan manajemen organisasi, teknologi aplikasi, rekayasa perangkat lunak dengan sebahagian kecil berfokus pada sistem infrastruktur. Sementara itu fokus pengembangannya seluruhnya bersifat aplikatif yang seluruhnya mencakup pengambangan aplikasi, implementasi dan konfigurasi
  • Information Systems (IS): Sistem Informasi
    Sistem Informasi berfokus pada pada sistem informasi dan manajemen organisasi, dan teknologi aplikasi dengan sebahagian kecil berfokus pada rekayasa perangkat lunak. Sementara itu, fokus pengembangan keilmuan bersifat lebih cenderung bersifat aplikatif daripada teoritis.

Teknik Komputer/Sistem Komputer fokus/computer engineering/CE :

Perangkat keras : sistem tertanam (embedded), robotika, sistem mikroprosesor, rangkaian listrik dan elektronika.
Perangkat lunak : pemrograman komputer dan sistem, komputasi klaster dan multiprosessor, pengolahan data multimedia.
Jaringan : jaringan komunikasi dan komputer, jaringan sensor nirkabel, rekayasa jaringan, keamanan jaringan dan Internet of Things (IOT).
Sistem cerdas : pembelajaran mesin, komputasi lunak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button