Deprecated: Required parameter $output follows optional parameter $depth in /home/pkaykstj/andiandaria.trinita.ac.id/wp-content/themes/jannah/framework/classes/class-tielabs-mega-menu.php on line 451
Ringkasan MK Elektronika Analog dan Digital – Charissa
Elektronika Analog dan Digital

Ringkasan MK Elektronika Analog dan Digital

Mata Kuliah : Elektronika Analog (Dioda dan Transistor)
SKS : 2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah* (maks. 200 karakter)
Matakuliah ini merupakan MK wajib kompetensi Prodi Sistem Komputer, yang mencakup antara lain : konsep dasar elektronika analog dan digital, dasar kelistrikan, komponen pasif, komponen aktif, prinsip dasar digital, rangkaian digital, dan mempresentasikan hasil dari sebuah produk akhir.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah* (maks. 150 karakter)
CPL1. Mahasiswa memiliki kompetensi keilmuan dan keahlian di bidang teknik komputer dan bidang terkait lainnya yang menunjang profesionalitas kerja, baik secara individu maupun tim, serta kemampuan beradaptasi dan pengembangan diri di lingkungan kerja.
CPL2. Mahasiswa memiliki pemahaman keilmuan dan penguasaan keterampilan di bidang teknik komputer, meliputi sistem tertanam dan robotika, jaringan dan keamanan komputer, rekayasa perangkat lunak, multimedia, game, dan kecerdasan buatan yang ditopang oleh profesionalitas, pengetahuan sains dasar dan rekayasa yang kuat.
CPL3. Memiliki pandangan keilmuan yang kritis dan progresif, mampu beradaptasi terhadap perkembangan IPTEKS di bidang teknik komputer dan bidang terkait lainnya, mampu memilih beragam sumber dalam menyerap pengetahuan, melatih keterampilan secara mandiri dan berkelompok sebagai upaya pembelajaran dan pengembangan diri sepanjang hayat.
CPL4. Mampu menganalisis permasalahan yang dihadapi secara kritis serta mampu merancang solusi dengan menerapkan metode dan alat yang tepat untuk menghasilkan solusi sistem yang andal berdasarkan eksperimen baku dengan memperhatikan aspek kebutuhan teknis, ekonomis, sosial, hukum, dan kelestarian lingkungan.

Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah* (maks. 150 karakter)
CPL1.1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar elektronika analog dan digital
CPL1.2. Mahasiswa mampu memahami Dasar Kelistrikan – AC & DC, Rangkaian Listrik (Kirchoff – Thevenin – Norton – Ohm) serta Rectifier dan Inverter
CPL2.1. Mahasiswa mampu memahami prinsip kerja dasar Komponen Pasif (Resistor, Kapasitor, Induktor)
CPL2.2. Mahasiswa mampu memahami prinsip kerja dasar Komponen Aktif (Dioda dan Transistor).
CPL2.3. Mahasiswa mampu memahami rangkaian dioda dan Transistor serta mampu menganalisa rangkaian dioda dan transistor.
CPL2.4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prinsip dasar digital, Gerbang Logika dasar, Aljabar Boole, K-Map
CPL2.5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Rangkaian Digital dasar (Rangkaian kombinasional, dan sekuensial)
CPL3.1. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan jelas dan efisien
CPL4.1. Mahasiswa mampu menghasilkan sebuah produk.

Luaran Mata Kuliah* (maks. 200 karakter)
1. Publikasi Website Lokal/Nasional
2. Publikasi Jurnal Lokal dan Nasional
3. Alat/Sistem/Prototipe Produk Akhir

Upload Rencana Pembelajaran Semester*

Pokok Bahasan :
Ananlog : Karakteristik Dioda, Dioda sebagai Saklar, Halfwave Rectifier, Fullwave Rectifier, Dioda Zener, Dioda Zener sebagai Penstabil Tegangan, Pengenalan Transistor, Sifat Kurva Dasar Transistor, Transistor sebagai Saklar, Common Colector, Emitor dan Basis, Pembiasan Transistor. Semikonduktor, Karakteristik Dioda, Rangkaian Dioda (clamper, cliper, rectifier, Regulator), karakteristik Transistor,pembiasan transistor(bias basis,pembagi tegangan,dll),transistor sebagai penguat(penguat CE,Penguat kelas A,B dan AB).
Digital : Introduction, Digital Number System, Digital Logic Gate, Aljabar Boole, KMap, Combination Circuit, Sequential Circuit, Digital Logic Families.

Sumber Pustaka :
1. Robert T. Paynter, Introductory Electronic Devices and Circuits, Prentice Hall, New Jersey, 1991. [2]. Hyat Neudeck, Electronic Circuit Analysis and Design, Houghton 6 Miffin, Boston, 1976.
2. Digital Electronic A Practical approach,Williem Klietz , Prentice-Hall 2. Prinsip-prinsip dan penerapan digital, Malvino Leach, Erlangga.
3. Jacob Millmann (1987), Micro Electronics, McGraw-Hill.
4. Walpole,Sedra (1987) ,Microelectronics Circuit,Reinhart&Winston.
5. Hayes,Digital System Design and Microprocessor,McGraw-Hill1986

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button