Deprecated: Required parameter $output follows optional parameter $depth in /home/pkaykstj/andiandaria.trinita.ac.id/wp-content/themes/jannah/framework/classes/class-tielabs-mega-menu.php on line 451
Pertemuan 12 (Memory) – Charissa
Sistem Digital 1

Pertemuan 12 (Memory)

Tujuan Pembelajaran

1. Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan Memory
2. Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan IC RAM

12. Memory RAM (Random Access Memory)

Random Access Memory ( RAM) merupakan suatu alat yang bisanya disebut dengan memori yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara waktu, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random).

RAM juga memiliki sebuah fungsi yaitu untuk mempercepat pemeprosesan data pada PC atau komputer.

RAM juga termasuk salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi.

Biasanya kapasitas RAM di dalam suatu komputer akan berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data maupun loading di komputer tersebut.

Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan juga menjalankan program, akan semakin cepat sesuai dimana besarnya RAM komputer tersebut.

12.1 Fungsi – fungsi RAM

1. Dapat menyimpan data yang berasal dari piranti masuk sampai data dikirim ke ALU untuk diproses.
2. Dapat digunakan untuk menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran.
3. Dapat menampung program atau intruksi yang berasal dari piranti masuk atau dari piranti pengingat sekunder.
4. Dapat membantu kinerja komputer anda agar bisa menyimpan data secara sementara.
5. Dapat mempercepat proses pengolahan data

12.2 Jenis Jenis RAM

Adapun beberapa jenis-jenis RAM antara lain yaitu :

1. Static RAM (SRAM), statis dan bersifat semi volatile, digunakan untuk membantu komputer dalam kecepatan proses dan tidak perlu refresh Row Address Strobe (RAS) dan Colom Address Strobe (CAS).
– Kerugiannya adalah ukuran bit yang besar dan waktu access yang relatif lebih lama

2. Dynamic RAM (DRAM), dinamis dan bersifat volatile, digunakan untuk membantu komputer dalam kecepatan proses dan memerlukan refresh Row Address Strobe (RAS) dan Colom Address Strobe (CAS).
– Menggunakan RAM Controller.

1. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory) merupakan jenis memori RAM yang memiliki kecepatan yang cukup tinggi hingga 100 – 133 Mhz. Jenis RAM ini meiliki 168 pin dengan kapasitas penyimpanan 16 MB hingga 1GB. SDRAM ini dapat diletakan pada slot jenis DIMM/SDRAM pada Motherboard.
Berikut adalah 2 jenis SD RAM antara lain yaitu :
a). SD RAM PC133
Setelah di kembangkannya memori RDRAM PC800 pada tahun 1999, memori SDRAM belumlah ditinggalkan begitu saja, bahkan oleh Viking, malah semakin ditingkatkan kemampuannya. Memori SDRAM PC133 ini bekerja pada bus berfrekuensi 133 MHz dengan access time sebesar 7,5 ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,06 GB per detiknya. Walaupun PC133 dikembangkan untuk bekerja pada frekuensi bus 133 MHz, namun memori ini juga mampu berjalan pada frekuensi bus 100MHz walaupun tidak sebaik kemampuan yang dimiliki oleh PC100 pada frekuensi tersebut.
b). SD RAM PC150
Mushkin, pada tahun2000 berhasil mengembangkan chip memori yang mampu bekerja pada frekuensi bus 150MHz, walaupun sebenarnya belum ada standar resmi mengenai frekunsi bussistem atau chipset sebesar ini. Masih dengan tegangan kerja sebesar 3,3 volt, memoriPC150 mempunyai access time sebesar 7ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,28GB per detiknya. Memori ini sengaja diciptakan untuk keperluan overclocker, namun pengguna aplikasi game dan grafis 3 dimensi, desktop publishing, serta komputer server dapat mengambil keuntungan dengan adanya memori PC150.

2. RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory)
Merupakan jenis RAM yang proses kerjanya lebih cepat dan umumnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis SD RAM digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4. Pada umumnya jenis memori RAM ini dinamis sinkron yang akan diproduksi oleh Rambus Corporation. Tidak semua motherboard mampu mendukung suatu memori ini karena teknologinya yang cukup canggih.

3. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
DRAM (Dynamic Random Access Memory) merupakan sebuah jenis Memori RAM yang memiliki teknologi penyimpanan data secara terpisah dalam sebuah kapasitor, Agar data tidak hilang jenis RAM ini juga memerlukan penyegaran yang akan dilakukan oleh CPU. Untuk stukturnya Memori RAM ini didesign dengan menggunakan satu kapasitor atau satu transistor per bitnya, sehingga memiliki kepadatan yang tergolong lumayan tinggi.  DRAM RAM selalu memperbarui keabsahan informasi atau isinya.

4. FP RAM
merupakan jenis memori yang bekerja layaknya sebuah indeks atau daftar isi. Arti Page itu sendiri termasuk ke dalam bagian dari memori yang terdapat pada sebuah row address. Ketika sistem membutuhkan isi suatu alamat memori, FPM tinggal mengambil informasi mengenainya berdasarkan indeks yang telah dimiliki. FPM memungkinkan transfer data yang lebih cepat pada baris (row) yang sama dari jenis memori sebelumnya.

5. EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory)
Merupakan jenis memori RAM dengan teknologi penyimpanan dan juga pengambilan data yang bisa dilakukan bersama -sama, sehingga kemampuan untuk membaca dan menulisnya lebih cepat. memiliki bentuk yang lebih panjang dengan jumlah pin 72 pin. RAM jenis ini sangat cocok digunakan untuk semua komputer Pentium.

6. NVRAM ( Non-Volatile Random Access Memory)
Merupakan jenis RAM komputer yang akan dilengkapi dengan baterai Litium,lalu, sehingga sobat dapat mematikankomputer, data yang akan tersimpan di memori tidak akan hilang.

RAM 6116 yang dipakai didalam sistem minimum mempunyai pin CS (Chip Select) untuk mengaktifkan IC tersebut, pin OE (Output Enable) sebagai pin sinyal kontrol RD untuk membaca data dan pin WE (Write Enable) sebagai pin sinyal kontrol WR untuk menulis data seperti gambar 2.

Selain itu, terdapat pin-pin untuk addresing A0-A10, pin data D0-D7 untuk masukan dan keluaran data 8 bit. Sisa bus address mulai A11-A19 dipergunakan untuk rangkaian decoding bagi RAM yang bersangkutan. 

Gambar Konfigurasi Pin IC RAM 6116 (DIP/SOIC/SOJ)

Tabel 15.1 Tabel Kebenaran

Dari tabel fungsi diatas dapat dilihat bahwa pin CS memegang peranan utama dalam kerja RAM statis 6116.
Bila pin Chip Select aktif low maka operasi read dan write dapat dilaksanakan.

Untuk mengaktifkan pin CS dapat diberikan input low dari output decoding I-O.

Urutan langkah-langkah yang dilaksanakan mikroprosessor dalam melaksanakan instruksi read atau write pada RAM adalah sebagai berikut :
a. Address dari memori yang akan dituju diload oleh mikroprosesor ke bus address setelah terdapat sinyal ALE.
b. Chip Select yang dari RAM yang dituju akan aktif low sehingga RAM me-input-kan address dari bus address misalnya A0-A10 seperti pada RAM 6116.
c. Kemudian mikroprosessor mengirim sinyal kontrol RD atau WR pada RAM.d. RAM melakukan pernbacaan atau penulisan sesuai dengan kombinasi sinyal control yang diterima seperti tabel 1 diatas.

Pada ram 6116 terdapat pin-pin yaitu pin A0-A10 merupakan alamat input.

Pin CS (Chip Select) untuk mengaktifkan IC tersebut 
Pin OE (Output Enable) sebagai pin sinyal kontrol
RD untuk membaca data
Pin WE (Write Enable) sebagai pin sinyal kontrol WR untuk menulis data,
D0-D7 merupakan masukan dan keluaran data 8 bit.

Pada rangkain ini pin CS,pin OE,pin WE berlogika 0 yaitu akan jika aktif apabila diberi logika low.

Pada masing masing pinya dibuat port paralel

Tugas!
Kumpulkan pdf tentang ROM (Definisi, jenis, struktur, fungsi, dll) dan 1 Percobaan IC ROM

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button