Deprecated: Required parameter $output follows optional parameter $depth in /home/pkaykstj/andiandaria.trinita.ac.id/wp-content/themes/jannah/framework/classes/class-tielabs-mega-menu.php on line 451
Pertemuan 3 – Forum Diskusi – Charissa
Dasar Pemrograman JavaScript

Pertemuan 3 – Forum Diskusi

Ekspektasi

Dengan banyaknya jumlah siswa Dicoding Academy, kami tidak mengharapkan siswa untuk membaca semua diskusi atau komentar pada forum diskusi. Sebaliknya, bacalah hal-hal yang menurut Anda menarik dan dapat membantu Anda dalam menyelesaikan kelas. Lebih baik lagi, jika Anda dapat membantu siswa lainnya dengan memberikan jawaban di bidang yang Anda pahami. Berbagi dalam forum diskusi ini dapat pula membantu meningkatkan retensi ilmu Anda.

Peraturan paling penting adalah bersikap sopan dan memperlakukan semua siswa lain dan instruktur, dengan hormat. Pelanggaran etika ini dapat berakibat pada dikeluarkannya Anda dari kelas. 

Anda akan memiliki akses ke forum diskusi kelas selama Anda aktif terdaftar ke kelas ini. Saat masa belajar Anda sudah habis, maka forum diskusi tidak akan dapat diakses. Namun, jika Anda sukses menyelesaikan kelas (lulus dan sampai mendapatkan sertifikat kompetensi dari Dicoding), maka Anda tetap dapat mengakses forum diskusi kelas ini walau masa belajar Anda untuk kelas ini telah habis.

Sebelum Mulai Bertanya

  1. Sebelum membuat diskusi baru, gunakan fitur pencarian untuk cek diskusi lama terlebih dahulu. Problem Anda mungkin pernah dibahas dan dijawab solusinya, dalam forum. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu menghabiskan waktu untuk bertanya dan untuk menunggu jawaban kembali. 
  2. Namun jika tidak menemukan diskusi lama dengan topik yang sama dengan masalah Anda, silakan membuat diskusi baru. Simak cara dan langkah berikut ini: https://help.dicoding.com/academy-dicoding/aturan-membuat-pertanyaan-di-forum-diskusi-kelas/

Fitur Bermanfaat

  • Mencari Posting
    Anda dapat mencari topik atau diskusi menggunakan tiga cara yang tersedia pada halaman utama forum diskusi.
    1. Gunakan fitur “Cari Judul Diskusi” untuk mencari topik berdasarkan judul atau pertanyaannya.
    2. Gunakan fitur “Pilih Berdasarkan Modul” untuk melihat diskusi berdasarkan modul kelasnya.
    3. Gunakan fitur “Keyword Populer” untuk melihat diskusi berdasarkan Keyword yang paling sering ditanyakan.
  • Upvote dan Downvote Komentar pada Diskusi
    Saat membuka sebuah diskusi, Anda akan menemukan komentar beserta jawaban dari siswa dan instruktur di bagian bawah. Pada setiap komentar terdapat tombol panah atas (˄) dan panah bawah (˅). Klik tombol panah atas (˄) jika Anda merasa komentar atau jawaban tersebut bijaksana, menarik, dan bermanfaat. Gunakan tombol panah bawah (˅) jika Anda merasa komentar atau jawaban tersebut tidak sopan, tidak membantu, atau bahkan tidak tepat.

    Gunakan Fitur Upvote dan Downvote ini seperti arahan di atas, sehingga kualitas komentar dan jawaban pada forum diskusi dapat terjaga dengan baik.
  • Approved Answer
    Jika terdapat komentar/tanggapan berupa solusi terbaik dari permasalahan yang Anda tanyakan, maka tandai komentar tersebut sebagai jawaban terpilih. Caranya dengan menekan tombol “Jawaban Terpilih” di sisi kanan atas komentar.

    Fitur ini juga akan mempermudah siswa lainnya dengan pertanyaan yang sama untuk menemukan titik terang solusinya.

Mengenal Teman Sekelas Anda

Berhubungan baik dengan teman sekelas dan instruktur merupakan bagian penting dari kelas ini karena mereka dapat membantu jika Anda mengalami kendala dalam pemahaman materi. 

Oleh karena itu, kami ingin Anda meluangkan waktu untuk mencairkan suasana dan saling mengenal. Membangun interaksi dengan siswa lain akan membuat pengalaman belajar Anda jauh lebih menyenangkan dan menarik. 

Beberapa hal yang dapat Anda tulis pada perkenalan diri:

  • Siapa Anda dan dari mana Anda berasal?
  • Apa pekerjaan atau pendidikan Anda saat ini?
  • Kenapa Anda mengambil pelatihan ini? Apakah mungkin karena Anda sedang mengejar perubahan dalam karir, atau lainnya?

Ayo aktif di forum diskusi kelas ini!

Yuk mulai dengan memperkenalkan diri Anda pada thread Perkenalan Diri berikut:

https://www.dicoding.com/academies/256/discussions/88855

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button